Tersimpan Kisah Yang Sangat Tragis Dibalik Kelucuan 10 Kartun Ini

ADSENSE HERE
Seiring dengan adanya arus globalisasi, hiburan di tanah air saat ini banyak sekali bentuknya. Tak jarang kita dijejali dengan beragam hiburan baru yang masuk dengan membawa budaya negeri lain. Memang hal ini cukup menyenangkan. Meski terdengar sebagai sebuah hiburan ringan yang cukup mengusir kepenatan Anda selepas bekerja. Siapa sangka ternyata di balik itu semua terdapat kisah-kisah tragis dan cenderung mengerikan dalam serial kartun tersebut.

Berikut ini merupakan 10 kisah mengerikan dan tragis dari serial kartun:

1. Dora The Explorer



Sekilas kita melihat dan menilai acara kartun Dora the Explorer sebagai kartun yang interaktif terhadap pemirsanya yang menargetkan segmen balita dan anak-anak.

Namun di dalam kartun ini menceritakan bahwa sebenarnya kehidupan Dora dikuasai oleh sebuah massa yang kuat. Hal ini tidak mengherankan ketika Dora sedikit mengalami kesulitan ia akan bertanya kepada ‘sang maha tahu’. Bahkan ‘sang maha tahu’ ini kerap kali mengikuti Dora, selalu tahu dengan apa yang dilakukan Dora, bahkan bagaimana keadaan lingkungan di sekitarnya.

2. Doug



Serial kartun ini sebenarnya mengekspos kehidupan anak penderita gangguan mental. Karakter ini sering digambarkan sebagai orang yang kerap kali tenggelam dalam imajinasinya yang cenderung berbahaya, sehingga karakter ini cenderung menyerupai perilaku seorang skizofrenia.

3. Crayon Shin-chan



Di balik kelucuan setiap ceritanya, kartun ini menyimpan kesedihan dari sebuah kisah nyata seorang Ibu bernama Misae yang kehilangan anaknya, pada saat itu sang anak mencoba untuk menyelamatkan adiknya yang hampir tertabrak mobil dan akhirnya kedua bocah ini  malah meregang nyawa karena tak bisa menyelamatkan diri dari tabrakan mobil. Setelah prosesi pemakaman selesai, orang tua si anak yang diketahui bernama Shinosuke ini menemukan krayonnya.

4. Pocahontas



Karakter ini ternyata diangkat dari kisah nyata dari seorang wanita di sebuah suku bernama suku Powhetan. Cerita aslinya, Pocahontas bertemu dengan Smith ketika usianya baru menginjak 10 tahun. Dalam cerita asli, Pocahontas diperlakukan sangat tidak manusiawi. Ia diperkosa berkali-kali hingga hamil, dibaptis secara paksa, bahkan dinikahkan dengan seorang pengusaha tembakau bernama John Rolfe. Setelah dua tahun hidup di Inggris, Pocahontas kemudian diketahui meninggal dengan naas akibat muntah tanpa sebab secara tiba-tiba.

5. Jem



Jem merupakan karakter yang hidup dalam sebuah serial kartun yang berfokus pada dunia musik. Namun ternyata kartun ini menggambarkan sebuah sistem hukum yang benar-benar tidak dianggap. Faktanya, serial ini benar-benar menggambarkan bagaimana uang dapat menutup mulut dan menghilangkan jejak keadilan.

6. Hey Arnold!



Kisah menghibur dari serial kartun ini sebenarnya menyimpan rahasia pahit seseorang yang mengambil keuntungan dari kesengsaraan orang lain. Karakter Arnold merupakan karakter anak SD yang terkenal memiliki kepala aneh dan selalu merasa normal ketika ia hidup dalam dunia imajinasinya.

7. The Rugrats



Serial kartun ini sebenarnya diangkat dari cerita nyata salah seorang karakter dalam kartun The Rugrats, Angelica. Angelica dikenal sebagai balita yang nakal. Namun aslinya ia adalah balita dengan imajinasi tinggi karena membayangkan kehadiran bayi-bayi lucu lainnya seperti Chuckie, Tom, dan si kembar Phil dan Lil. Dalam serial lanjutannya, All Grown Up, Angelica nyata bahkan dilaporkan mengikuti jejak sang ibu menjadi pecandu obat-obatan terlarang dan diperparah dengan vonis penyakit yang dideritanya, skizofrenia.

8. Spongebob Squarepants



Fakta mengerikan dari film kartun lucu ini terletak pada salah satu episodenya yang dianggap mempengaruhi mental penontonnya.Episode tersebut berjudul ‘Red Mist’. Diceritakan ketika Squidward ingin bermain clarinet sementara Spongebob dan Patrick bermain di halaman luar. Sebelum Squidward berhasil memainkan klarinetnya, pintu rumahnya diketuk oleh seorang salesman yang berpakaian ala Skotlandia dan mengatakan “Red Mist is coming”.

9. Danger Mouse



Danger Mouse memang menampilkan karakternya yang lucu dan imut. Namun siapa sangka di balik tampang yang imut tersebut ternyata ada banyak unsur yang memperlihatkan bagaimana bentuk dunia yang diisi oleh hewan-hewan berakal. Yang menjadi hal mengerikan di sini adalah dunia digambarkan sebagai tempat yang sangat sedikit menyisakan ruang bagi kehidupan manusia.

10. Masha and The Bear



Serial kartun ini ternyata juga diangkat dari kisah nyata dari seorang gadis kecil bernama Masha. Diceritakan Masha adalah seorang balita yang sangat menyukai sirkus. Ketika mengunjungi sirkus, Masha lepas dari pengawasan sang orang tua dan mengendap-endap menuju sebuah tempat yang tak lain adalah kandang beruang sirkus. Naasnya, si beruang dalam keadaan lapar sehingga ia menganggap Masha adalah makanan. Tragis. Nyawa Masha teregang dalam kandang beruang yang kini hidupkan lewat karakter The Bear dalam serial kartun tersebut.
ADSENSE HERE